Rabu, 20 Juni 2007

Penggunaan smarty (penting)

Smarty merupakan template engine yang ada di php, penggunaan template salah satunya adalah memisahkan antara view dan control. kasarnya seh memisahkan kode php dan html, sehingga dalam pemrograman php lebih mudah dan readalbe. Tapi dalam penggunaannya dalam sehari-hari hindarilah 4 hal berikut ini:

1. Tetap mengisikan kode html dalam file php, tujuan awal dari pemakaian smarty adalah memisahkah kode html dan php, sehingga kalau tetap mengisikan html dalam php maka akan mengurangi readable php kita.

2. menggunakan assign untuk variable yang berisikan data yang besar, gunakanlah assign_by_ref dengan menggunakan assign_by_ref maka kita menghindari in-memory copy.

3. meng-aktifkan $compile_check (set menjadi true) pada production state, ketika system sudah memasuki production state maka template sudah tidak ada perbuhan-perubahan lagi sehingga tidak perlu adanya pengecekan perubahan file template, jadi meng-aktifkan $compile_check itu melakukan pemborosan

4. menggunakan koment html, gunakan coment untuk smarty {* dan *} sehingga koment tidak di-outputkan ke user, disamping untuk mengurangi biaya bandwidth, juga untuk menghindari koment-koment kita terbaca sama orang lain.

Tidak ada komentar: