Selasa, 19 Juni 2007

belajar lagi smarty bagian 2

Bagian II
Download Smarty
Di: http://smarty.php.net/
Selain paket Smarty, jangan lupa download file dokumentasinya, supaya lebih gampang buat belajar

Instalasi Smarty
Ekstrak ke dalam root direktori web server Anda atau ke dalam direktori yg ada pada setting include_path pada php.ini. Punyaku kutaruh di dalam direktori PHP (c:\php\smarty)
Jika tidak diletakkan dalam root direktori web server dan setting PHP belum diubah, buka file php.ini (dlm direktori windows (IIS) atau dlm direktori php (Apache), tergantung web servernya). Cari setting “include_path=”. Punyaku ada di bagian Path and Directories, dan scr default di-non-aktif-kan. Jika belum aktif, aktifkan dulu dng menghilangkan tanda ‘;’, selanjutnya tambahkan path tempat Anda menginstall Smarty. Punyaku adalah:
[php]include_path = “.;c:\php\includes;c:\php\pear;c:\php\smarty”[/php]

Simpan dan selesai

Testing Smarty
Sbg percobaan awal, kita akan mencoba contoh program pada bagian I. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa untuk menggunakan Smarty, kita harus membuat 3 buah sub-direktori, yaitu: configs, templates, dan templates_c. Contoh, jika root direktori web server kita adalah c:\web dan kita membuat contoh Smarty ini pada subdir test, maka struktur direktorinya adalah:

[code]c:\
web\
test\
configs\
templates\
templates_c\[/code]

Direktori configs digunakan untuk menyimpan file2 konfigurasi, sedangkan direktori templates, spt namanya, digunakan untuk menyimpan file template. Direktori templates_c sendiri digunakan oleh Smarty untuk menyimpan file templates yg sudah dikompilasi (diparsing).

Kalo pk linux/unix, jgn lupa untuk set permission untuk direktori templates_c supaya writable (chmod 666 maybe).
Skr, copy source index.php di atas, simpan dan letakkan pada direktori test. Selanjutnya, copy source index.tpl di atas, simpan dan letakkan pada direktori templates. Buka browser dan akses file index.php (http://localhos/test/index.php). Jika lancar, akan muncul tulisan “Smarty says, …“.

Bagian selanjutnya akan membahas mengenai contoh implementasi Smarty yg lebih detil.

Tidak ada komentar: